Saturday, August 28, 2010

Memilih Maskara Yang Tepat Untuk Anda



Vibizlife. Selain lipstik, maskara termasuk salah satu peralatan makeup yang paling favorit. Maskara berfungsi mempertebal dan mempertegas bulu mata, sehingga membuat mata lebih feminin, ekspresif dan menarik. Umumnya, maskara berwarna netral seperti hitam, cokelat gelap atau abu gelap. Tapi ada juga maskara dengan warna-warna terang seperti biru, pink, hijau, oranye dan ada pula yang bening.

Meskipun kelihatannya mudah menggunakan maskara, ada beberapa hal tentang maskara yang perlu Anda ketahui.

Banyak produk maskara di pasaran yang menawarkan hasil berbeda-beda pada bulu mata. Karenanya, pilih jenis maskara yang bisa memberikan hasil yang memang Anda inginkan. Satu hal yang perlu diketahui, maskara tidak bisa membentuk bulu mata yang bervolume, lentik dan panjang sekaligus, meskipun ada beberapa produk yang mengklaim bisa melakukannya.

Berikut beberapa jenis sikat maskara. Efek yang dihasilkan tergantung pada bentuk sikatnya:
- Sikat panjang dengan bulu keras yang pendek bisa membuat bulu mata Anda tampak lebih panjang (Revlon Fabulash Mascara).
- Sikat yang sangat tebal akan membuat bulu mata lebih lebat (L’oreal Volum Shocking Mascara).
- Untuk hasil lebih bervolume, pilih yang sikatnya pendek, namun dengan bulu keras yang lebih panjang (Maybelline Volum Express).
- Sikat yang melengkung sangat efektif menjadikan bulu mata lebih lentik (L’oreal Panoramic Curl Mascara).

Jika memiliki bulu mata yang halus/tipis, jangan menggunakan maskara yang membuatnya lebih panajng. Sebaiknya, pakai maskara dengan efek volume agar bulu mata terlihat lebih padat.

Pemilik bulu mata pendek, hindari maskara yang menambah volume. Menebalkannya justru membuat bulu mata terlihat lebih pendek dari aslinya. Coba gunakan maskara yang berfungsi memanjangkan sehingga bulu mata tampak lebih penuh.

Jika bulu mata Anda termasuk ‘normal’ (tidak terlalu pendek, juga tidak terlalu panjang) cukup gunakan maskara yang melentikkan sehingga tidak perlu lagi menggunakan penjepit bulu mata.

Maskara yang tahan air (waterproof mascara) memang banyak disukai karena tidak mudah luntur dan efeknya bertahan seharian. Tapi Anda tidak dianjurkan untuk menggunakannya setiap hari karena formulanya yang agak keras. Gunakanlah bergantian dengan maskara biasa. Untuk membersihkannya, selalu gunakan pembersih khusus (makeup remover). Jangan menyekanya terlalu keras karena bulu mata Anda bisa rontok. Sebaliknya, haspu menggunakan kapas secara perlahan-lahan hingga bersih.

Singkirkan Maskara Lama Anda !
Penggunaan maskara dianjurkan selama 6 bulan. Jangan mencampur maskara dengan air atau merendamnya dalam air panas bila maskara Anda sudah kering dan retak karena kemungkinan maskara akan terkena bakteri yang jika digunakan, mata Anda mengalami infeksi atau kemerahan. Karena itu, jika maskara mengering dan tidak bisa lagi digunakan, sebaiknya jangan digunakan lagi.

Jangan menggunakan maskara bergantian, atau meminjamkannya pada orang lain. Bakteri yang ada pada orang lain bisa saja menempel pada maskara dan berbahay bagi Anda. Jika bau dan tekstur maskara berubah, segera buang.

No comments:

Post a Comment