Friday, August 27, 2010

Beda Jenis Kulit, Beda Perawatannya


                                                                                                Foto: Dok. L'Oreal Paris
Vibizlife - Beauty Corner. Langkah awal perawatan kulit yang tepat bukan hanya membersihkan, yang terpenting dari itu, adalah mengenali jenis kulit. Menurut dr. Vinia Ardiani Permata, spesialis kulit dari Brawijaya Women & Child Hospital, pada dasarnya, untuk mendapat hasil yang bagus, semua produk perawatan kulit harus sesuai dengan jenis kulit.

Pertama, mengetahui, apakah kulit kita termasuk jenis kulit kering, sensitif, normal atau berminyak?

Kulit kita tergolong kering jika....
Setelah mencuci muka, kulit terasa kencang dan make-up sulit dioleskan secara merata. Keuntungan dari kulit kering adalah wajah tidak mudah berjerawat, namun bukan berarti kita menjadi lalai merawat kulit.

Untuk perawatan, sebaiknya bersihkan wajah dengan air hangat, jangan air panas karena akan menghilangkan kelembapan kulit. Pilih produk pembersih yang mencantumkan kata 'soap free' di labelnya. Oleskan juga pelembap yang kaya moisturizer, dan pilih masker dengan formula krim atau balsam.

Kulit kita berminyak jika...
Kulit menjadi berminyak beberapa jam setelah dicuci, alas bedak cepat luntur atau berubah warna, tampak komedo di wajah dan terjadi pembesaran pori.

Merawat kulit berminyak, sebaiknya cuci minimal 3 kali sehari dengan pembersih antibakteri untuk menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Hindari toner yang mengandung alkohol karena akan merangsan produksi minyak lebih banyak. Untuk membantu mencegah penyumbatan pori, pilih pelembap dengan formula oil-free. Pilih jenis masker berbentuk clay (lempung) yang efektif menyerap kelebihan minyak.

Kulit kombinasi jika...
Tampak berminyak di daerah T (dagu, hidung dan dahi), sementara pipi terasa kering dan nampak bersisik. Mudah berjerawat dan terbentuk komedo di daerah T.

Perawatan yang efektif adalah menggunakan formula pembersih yang tidak menghilangkan kelembapan wajah (misalnya cleansing lotion atau cleansing cream). Gunakan toner bebas alkohol hanya di bagian dahi, hidung serta dagu. Oleskan pelembap kaya moisturizer di bagian pipi, dan pelembap oil-free di daerah T.

Kulit sensitif jika...
Cenderung kemerahan jika memakai pelembap yang terlalu keras, kulit mudah terkelupas dan kadang timbul rasa perih. Kulit sensitif bisa juga alergi terhadap bahan-bahan tertentu, karena itu pemilihan produk harus sangat diperhatikan.

Pilih pembersih muka, toner ataupun pelembap yang berlabelkan hyppo-alergenic atau bebas alergi. Kosmetik dengan bahan organik dan mineral juga terbilang aman untuk jenis kulit sensitif

No comments:

Post a Comment